Selasa, 16 Agustus 2011

SEJARAH SINGKAT AMBALAN R.A KARTINI


SEJARAH SINGKAT AMBALAN R.A. KARTINI
        Gerakan pramuka Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Blitar mempunyai suatu organisasi kepramukaan yang berdiri di bawah naungan Ambalan R.A. Kartini.
Ambalan R.A. kartini berdiri pada tanggal 13 Juli 1993.
Mengapa Ambalan GEMES (Generasi Muda Eskada) adalah R.A. Kartini?
Karena R.A. Kartini adalah sosok pahlawan wanita yang sangat luar biasa jasanya. Beliau adalah pahlawan Emansipasi Wanita. Berkat tekad dan usaha keras beliau, sampai saat ini dapat kita rasakan dampaknya. Saat ini sudah tak ada lagi perbedaan derajat antara kaum laki-laki dan kaum perempuan. Bahkan, Indonesia pun pernah mempunyai seorang pemimpin negara / presiden seorang wanita.
Sangat berbeda dengan zaman dulu semasa R.A. Kartini masih kanak-kanak.pada zaman itu wanita sama sekali tak punya hak pribadi. Seakan-akan wanita hanya di anggap sebagai budak. Wanita tidak boleh sekolah (hanya golongan tertentu saja yang diperbolehkan sekolah),wanita ketika beranjak dewasa selalu di pingit,dan wanita tidak mempunyai hak untuk mengembangkan hak-hak kebebasan dari dalam dirinya.
Melihat kondisi tersebut, R.A. Kartini sangat trenyuh dan dari situlah beliau memiliki tekad bulat untuk memperjuangkan hak-hak asasi seorang wanita.
Begitu banyak usaha-usaha dan pengorbanan beliau untuk mewujudkan cita-cita luhur (memperjuangkan persamaan derajat wanita )itu, hingga akhirnya beliau berhasil sedikit demi sedikit mengangkat derajat kaum perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar